Weekend Asyik – Cave Tubing Kalisuci, Gunungkidul, Yogyakarta

Cavetubing Kalisuci merupakan aktivitas petualangan menyusuri sungai yang mengalir di dalam perut bumi menggunakan ban dalam. Dijamin seru dan nagih!

WA 7
Petualangan dimulai dari sini!

Hai, hai, hai! Apa kabar kawan-kawan pejalan? Hendak mbolang kemana weekend ini? Nah, jika sampai detik ini kalian masih bingung dan belum memutuskan hendak piknik kemana akhir pekan besok, tak ada salahnya kalian baca-baca rubrik (tsaaah bahasanya, rubrik) Weekend Asyik di RanselHitam. Meski sempat bolong beberapa minggu akibat padatnya jadwal syuting, pemotretan, wawancara, #dikeplak banyak hal yang terjadi, akhirnya kali ini Weekend Asyik muncul lagi dan akan memberikan referensi tempat asyik buat weekend (ini perasaan sering banget bolongnya hahahaha). So, check this out!

Kali ini saya pengen ngobrolin salah satu tempat wisata seru di Jogja (yaaah, lagi-lagi kok Jogja sih? Tempat lain napa? Eitzzz, suka-suka saya dong hahahaha). Mari kita sebut tempat ini Kalisuci. Dalam bahasa Jawa, kali itu berarti sungai dan suci adalah suci. Jadi hanya orang-orang suci yang boleh mandi di sungai ini #dikeplak (hahahahaha, bukan ding).

Kalisuci merupakan nama sistem aliran sungai yang mengalir di Gunungkidul. Seperti karakteristik sungai-sungai yang berada kawasan karst, Kalisuci terbagi menjadi 2 tipe, yakni sungai terbuka yang muncul di permukaan dan sungai tertutup yang mengalir di dalam tanah alias di dalam gua (termasuk mengalir melewati Gua Grubug) dan bermuara di Pantai Baron.

WA 8
Salah satu sudut Gua Gelatik yang saya suka banget. Tenang tapi misterius.

Jika aktivitas susur sungai terbuka dikenal dengan istilah rafting, maka menyusuri sungai tertutup atau sungai yang berada di dalam gua dikenal dengan istilah cave tubing. Kalisuci merupakan obyek wisata cavetubing pertama di Indonesia dan ketiga di dunia. Saat ini, selain Kalisuci di Gunungkidul juga ada lokasi cave tubing lain yakni di Gua Pindul.

Cave tubing Kalisuci adalah aktivitas menyusuri aliran sungai yang mengalir di dalam gua menggunakan ban dalam. Selama kurang lebih 1 jam, wisatawan akan diajak untuk bertualang mencumbu aliran sungai yang mengalir melewati 3 gua yang berukuran sempit namun memiliki langit-langit yang sangat tinggi. Meski sekilas terdengar menyeramkan, percayalah aktivitas ini sangat aman, bahkan bagi mereka yang tidak bisa berenang (seperti saya hahahaha). Menyusuri jeram-jeram yang mengalir di dalam gua akan menjadi pengalaman yang tak mungkin terlupakan.

WA 3
Ini masih di sungai terbuka

Lokasi
Kalisuci terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Sekitar 60 km dari Kota Yogyakarta.

Getting there
Obyek wisata ini bisa ditempuh sekitar 1 – 1,5 jam dari Yogyakarta, dengan catatan Anda membawa kendaraan sendiri. Dari Yogyakarta silahkan Anda menuju Kota Wonosari. Dari Alun-alun Wonosari Anda lurus terus menuju arah Semanu. Setelah menemukan jembatan Jirak (yang didekatnya ada warung legendaris Sego Abang Jirak), silahkan belok kanan di pertigaan kemudian ikuti jalan menuju obyek wisata Kalisuci. Basecamp Cave Tubing dan pertigaan Semanu hanya sekitar 500 m.

Jika Anda tidak membawa pribadi, Anda bisa naik bis jurusan Jogja – Wonosari dari Terminal Giwangan atau dari Perempatan Ketandan (Ringroad). Sesampainya di Wonosari, Anda harus ganti dengan angkot jurusan Semanu atau bis arah Jepitu.

Ticket
Untuk melakukan petualangan seru ini, Anda cukup membayar Rp 65.000. Tiket tersebut sudah termasuk penyewaan alat (ban, live vest, helm, pelindung siku & kaki), guide, dan snack setelah pengarungan. Sebelum mengunjungi Kalisuci, ada baiknya Anda melakukan reservasi lebih dulu atau menghubungi pihak pengelola untuk memastikan kondisi sungai apakah bisa diarungi atau tidak. Kontak: www.kalisucicavetubing.blogspot.com | @KalisuciCaveTub | 087738794513 | 08174122826| 25C17D57

Let’s do some fun!

  • Cave Tubing

Namanya aja udah Cave Tubing Kalisuci, jadi yang pertama harus kita lakukan jelas cave tubing dong. Meski gak bisa berenang percayalah, aktivitas ini sangat aman selama Anda memakai peralatan dan didampingi guide resmi. Anda tinggal duduk di atas ban besar dan biarkan tubuh Anda mengalir bersama masa lalu yang suram aliran sungai. Kalau pengen yang jauh lebih fun, silahkan jatuhkan kawan Anda dari atas ban ke dalam sungai hahaha. Ini akan menjadi perjalanan yang super dupen fun.

WA 10
Super Duper Fun!
  • Trekking

Mau nggak mau, suka nggak suka, jika Anda pengen cave tubing di Kalisuci, Anda juga harus trekking menyusuri jalan yang menghubungkan basecamp dan lokasi cave tubing. Perjalanan berangkat sih jalannya masih enak karena turun tangga. Nah, yang menyebalkan adalah jalan pulangnya. Anda harus trekking menaiki tebing dengan berpegangan pada seutas tali yang cukup menguras energi, hosh, hosh, hosh. Tapi ini fun sodara-sodara!

WA 5
Bawa sendiri banmu!🙂
  • Free Jumping

Ini nih bagian yang saya suka. Terjun bebas dari ketinggian ke dalam aliran sungai. Untuk melakukan ini pastikan Anda punya nyali yang besar dan tanyakan dulu kepada guide tempat-tempat mana yang aman untuk digunakan sebagai lokasi free jump. Setahu saya di daerah watu gajah itu asyik buat lompat-lompat dan nyebur ke air. Awalnya takut-takut, tapi biasanya setelah itu keterusan.

WA 1
Lompat lompat lompat!
  • Swimming

Yak, inilah saatnya Anda belajar renang. Turunlah dari ban yang Anda duduki lantas gerakkan kaki dan tangan seperti orang berenang. Tak perlu takut tenggelam, kan Anda pake live vest :p atau cukup terlentang di atas air dan biarkan aliran sungai membawa anda mengalir menuju hilir.

  • Photo Session

Yapz, photo session is a must! Jangan sampai Anda tidak punya foto di dalam gua cuy! Salah satu spot foto favorit saya adalah mulut utama gua yang dindingnya berwana merah cakep seperti tembok benteng kuno. Kemudian Watu Gajah. Saya suka memanjat batu yang sangat besar tersebut, lantas berpose di atasnya dan yang motret dari dalam gua, jadinya siluet yang ciamik.

WA 4
Duduk di atas Batu Gajah. Cihuy kan?🙂

Tips!

  • Berhubung kita akan basah-basahan, maka wajib bawa baju ganti termasuk underwear (kecuali kalau Anda pengen masuk angin #eh hihihi). Jangan lupa bawa peralatan mandi sekalian🙂
  • Disarankan saat cave tubing tidak memakai celana jeans. Alasan pertama celana jeans tidak mudah kering, sehingga kita bisa kedinginan. Yang kedua adalah berat, gerak kita jadi agak terbatas dan akan sedikit kesulitan saat harus trekking kembali ke basecamp.
  • Bring your underwater camera! Nah, kalau nggak punya kamera underwater, jangan lupa bawa drybag, cover, atau apapun yang bisa melindungi kamera Anda dari percikan air sungai entah plastik kresek atau tupperw**e (serius dulu teman saya kameranya dimasukin tupperw**e, hahahahaha, dudul).
  • Pakailah alas kaki yang nyaman yang bisa buat basah-basahan, karena cave tubing sambil nyeker itu enggak banget sodara-sodara. Kalau saya sih biasanya pakai sandal gunung, aman di segala medan.
WA 9
Aaaaaaak, ini keren kan? :p

Enjoy your adventure in the belly of the earth! Have fun!

Ps: Foto-foto cihuy ini milik Yudhistira Tri Nurteisa, akun FB Cavetubing Kalisuci, & beberapa foto pribadi. Percayalah, Kalisuci jauh lebih cihuy dari apa yang ada di gambar ini😉

24 thoughts on “Weekend Asyik – Cave Tubing Kalisuci, Gunungkidul, Yogyakarta

  1. Medan buat trekking-nya masih aman tuh, mbak. Ada tangga. Nah, pas aku ke Green Canyon kemarin, trekking ke starting point-nya itu agak curam, rawan kepleset.
    Terus, ada sesi kita trekking memanjat tebing dan melalui tepi tebing yang curam, tanpa peralatan keamanan yang meyakinkan. Salah langkah bisa jatuh ke bawah. Cobaan berat buat gue yang takut ketinggian dan takut licin😦
    Kalau di Kalisuci dari start sampai kelar di atas ban terus kan ya?

    Ini yang starting point mas yang aman, medan baliknya yang ngeri, bener2 tebing. Tapi asyik sih. Makanya dikasih tali biar kita nggak jatuh. Sebenarnya mau di atas ban terus atau enggak terserah kita sih hehehe. Misal mau turun dari ban & body rafting juga bisa. Kalau pas musim kemarau ada titik-titik tertentu yang ban diangkat. Dulu aku ke Green Canyon jaman SMP, jadi belum model body rafting😦

  2. insya allah tgl 11 januari mau ke jogya pingin bgt mampir ke kalisuci tempatya keren….usia anak 8 th bisa ikutan juga ga ya..hemmmm

    1. Jangan lupa kontak pengelolanya dulu, mbak. Anak usia 8 tahun? Sepertinya bisa. Asal harus didampingi. Saya juga pernah kesana dengan anak SD kok. Selamat bersenang-senang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s